TOBA-TOBA.COM: Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sumatera Utara Di Era Revolusi 4.0

Penulis

  • Muhammad Khoir Al Alim Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Wahyu Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Dedi Irawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.142

Kata Kunci:

Toba-Toba.com, Pertumbuhan Ekonomi, Era Revolusi 4.0

Abstrak

TobaToba.com adalah aplikasi berbasis startup yang bertujuan untuk secara efektif menyelesaikan permasalahan yang ada di Sumatera Utara. Secara khusus, pertumbuhan ekonomi masyarakat masih rendah sehingga meningkatkan potensi kearifan lokal di masyarakat melalui optimalisasi sektor pariwisata dan usaha kecil. UKM (UMKM) masyarakat Sumatera Utara di era revolusi 4.0. Penulisan penelitian ilmiah ini bersifat deskriptif kualitatif. Selain itu, penulis menggunakan berbagai referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang ada melalui metode pengumpulan data studi pustaka. Sehingga melalui data yang terkumpul penulis menggagas solusi pemecahan masalah melalui aplikasi berbasis statis bernama Toba-Toba.com. Toba-Toba.com merupakan wadah milenial yang dapat menghubungkan pelaku usaha pariwisata dan UMKM dengan masyarakat Sumatera Utara secara global. Dalam aplikasi Toba-Toba.com, seluruh pelaku usaha pariwisata dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk mempromosikan jasa wisata destinasi wisata di daerahnya dengan berbagai paket liburan. Kemudian, aplikasi Toba-Toba.com juga dapat menjadi marketplace UMKM bagi masyarakat Sumatera Utara untuk memasarkan karya-karya produktif khas masyarakat Sumatera Utara. Sehingga dengan mengintegrasikan potensi sektor pariwisata dan komunitas UMKM Sumatera Utara ke dalam pengembangan teknologi berupa aplikasi berbasis startup dengan nama Toba-Toba.com dapat meningkatkan minat masyarakat lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Berita Resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2018. Profil jumlah penduduk Sumatera Utara. https://sumut.bps.go.id. Diakses pada tanggal 05 Februari 2019

Berita Resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2018. Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara Triwulan IV 2018. https://sumut.bps.go.id. Diakses pada tanggal 05 Februari 2019.

Berita Resmi Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. 2018. Profil Tingkat Pengangguran Terbuka Sumatera Utara 2018. https://sumut.bps.go.id. Diakses pada tanggal 05 Februari 2019.

Berita Resmi Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. 2018. Perkembangan Pariwisata dan Transportasi https://sumut.bps.go.id. Diakses pada tanggal 05 Februari 2019.

Pasaribu, Sjawal. 2014. Budaya dan Pariwisata pesisir tapanuli tengah sibolga. USU: Medan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bina Aksara.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. 2003. Educational research: an introduction (7 ed.). New York: Pearson Education Inc

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. 2017.

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal liquidity Vol.1, No.2. Pp. 153-158.

Karyono, A. Hari. 1997. Kepariwisataan. PT.Gramedia : Jakarta.

Pradana, Mahir. 2015. “Klasifikasi Jenis- Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia”. Neo-Bis, Volume 9, No. 2.

Nasution, M. Irwan Padli. 2015. Masalah Dan Solusi Dalam Bisnis Online. Researchgate.

https://arianandalas.com/ekonomi/potensi- umkm-di-sumut-cukup-prospektif

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-27

Cara Mengutip

Manurung, M. K. A. A. ., Hidayah, M. W., & Irawan, M. D. . (2022). TOBA-TOBA.COM: Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sumatera Utara Di Era Revolusi 4.0. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(3), 105–117. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.142

Terbitan

Bagian

Articles