Penerapan Model Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru-Guru SMP Swasta Islam Tahfidz

Penulis

  • Zulkarnain Sirait Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Dan Komputer (STMIK) Royal, Kisaran
  • Guntur Maha Putra Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Dan Komputer (STMIK) Royal, Kisaran
  • Akmal Akmal Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Dan Komputer (STMIK) Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.37

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, TIK, Google Classroom

Abstrak

Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk mendukung tercapainya pelaksanaan pembelajaran, dengan menggunakan suatu cara yang terstruktur dan tertata untuk disampaikan kepada peserta didik. Pengembangan Model pembelajaran juga merupakan upaya dari seorang guru untuk mencapai tujuan dari suatu pembahasan pada materi yang ingin disampaikan agar lebih ringan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Perkembangan dalam modernitas saat ini merupakan teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan seluruh aspek bisa diperoleh melalui teknologi. Teknologi dijadikan sebagai model pembelajaran dalam dunia pendidikan yang lebih moderen dan inovatif. Salah satu aplikasi yang digunakan pada model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah Google Classroom yang dapat membuat peserta didik dapat dengan mudah mengakses segala sumber informasi pembelajaran, maka dari itu teknologi informasi dan komunikasi dapat mempermudah guru maupun peserta didik mencari dan menggali informasi berbagai ilmu pengetahuan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 2020. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index. php/jpap

Hidayat, D., Anisti, Purwadhi, & Wibawa, D. (2020). Crisis Manage-ment and Communication Experience in Education during the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication Jilid, 36(3), 2020. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3603-05

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal PendidIkan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v 5i1.671

Kurniawan, D (2013), Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mujiati, H., & Sukadi. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun. Indonesian Jurnal on Computer Science, 9330(2), 1–6.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109-119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-29

Cara Mengutip

Sirait, Z., Putra, G. M., & Akmal, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru-Guru SMP Swasta Islam Tahfidz. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.37

Terbitan

Bagian

Articles