Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Ryn Boutique Jalan Dr. Mansyur Medan)
DOI:
https://doi.org/10.55537/jreb.v1i02.140Keywords:
E-Commerce , Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Ryn Boutique Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara meyebarkan kuisioner kepada para konsumen Ryn Boutique Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan random sampling. Sehingga jumlah responden yang dipakai adalah 89 orang pelanggan Ryn Boutique Medan. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS 15. Analisis tersebut meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pada uji T diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,988 dan t-hitung pada X1 adalah 6,377 dan X2 adalah 2,270. Sehingga, variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji F menjelaskan bahwa pada uji F diperoleh nilai F-tabel sebesar 3,10 dan F-hitung sebesar 24,019 dan tingkat signifikan 0,00 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Nilai koefisien R square sebesar 0,358 atau 35,8%, artinya kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat adalah 35,8%, sisanya 64,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, E-commerce, Kualitas Produk