Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Self-Assessment dan Analisis SWOT di Pondok Pesantren Bukit Al-Qur’an Demak

Penulis

  • Mesi Herawati Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i1.1076

Kata Kunci:

Santri, Wirausaha, Potensi, Minat, Bakat

Abstrak

Pembelajaran kewirausahaan bertujuan untuk mempersiapkan bekal bagi santri pondok pesantren Bukit Al-Qur’an untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja saat ini. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh santri pondok pesantren bukit Al-Qur’an Kabupaten Demak yang berada dalam masa pencarian jati diri dan aktualisasi diri. Penggalian potensi, minat dan bakat bertujuan untuk mengetahui segmen usaha yang dapat dijalani oleh peserta pelatihan. Metode dalam kegiatan ini dilakukan dengan Self Assesment serta analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan berwirausaha. Hasil dari kegiatan ini adalah kemampuan dan pengetahuan bagi santri untuk mengenali potensi, minat dan bakat mereka dalam berwirausaha sebagai bekal bagi santri dalam menghadapi tantangan karir. Dari kegiatan ini santri dapat mengenali potensi, minat dan bakat, serta kelemahan diri masing-masing sehingga dapat mengantisipasi kekurangan dan kelemahan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asnidar, N., & Husaini, A. (2021). Kewirausahaan berbasis nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 165–178. https://doi.org/10.24014/jpi.v10i2.13701

Fauzi, M., & Firdaus, A. (2021). Integrasi nilai Islam dan wirausaha dalam membentuk karakter enterpreneur santri. Islamic Business and Management Journal, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.24235/ibmj.v3i1.8633

F., S., K., P., & J., G. (2018). Entrepreneurship as worship: A Malay Muslim perspective. Journal of Management and Organization.

Howard, G. (2015). Music publishing: How to understand and engage with copyright in the digital world. In Music entrepreneurship (pp. 215–240). https://doi.org/10.5040/9781472527912.ch-009

Hussain, Z., Mari, A., & Arif, M. (2023). Entrepreneurial intentions from an Islamic perspective: A case study of Muslim entrepreneurs in Pakistan. In Strategies and Applications of Islamic Entrepreneurship (pp. 168–183). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7519-5.ch011

Ince-Yenilmez, M., & Darici, B. (2021). Engines of economic prosperity: Creating innovation and economic opportunities through entrepreneurship. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76088-5

Islam, M. A., Wani, A. A., Bhat, G. M., Gatoo, A. A., Shah, M., Atta, U., & Shah, S. S. (2020). Diagnostic SWOT appraisal of the wicker handicraft entrepreneurship development in Kashmir, India. Journal of Applied and Natural Science, 12(2), 193–201. https://doi.org/10.31018/jans.vi.2279

Kayed, R. N., & Hassan, M. K. (2010). Islamic entrepreneurship: A case study of Saudi Arabia. Journal of Developmental Entrepreneurship, 15(4), 379–413. https://doi.org/10.1142/S1084946710001634

Lubis, M. R., & Wahyuni, S. (2023). Pesantrenpreneur: Model pendidikan kewirausahaan di pesantren salafiyah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 10(2), 256–270. https://doi.org/10.20473/vol10iss2pp256-270

Manjaly, N. B., Nimmi, P. M., Joseph, G., & Kailash, N. K. S. (2022). Entrepreneurial intention of Indian women university students: The role of entrepreneurial self-assessment and entrepreneurial passion. Journal of Women’s Entrepreneurship and Education, 2022(3–4), 273–290. https://doi.org/10.28934/jwee22.34.pp273-290

Medne, D., Lastovska, A., Lama, G., & Grava, J. (2024). Unlocking potential: Exploring the interplay between entrepreneurship and research competence across diverse academic disciplines. Frontiers in Education, 9, 1415599. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1415599

Rasca, L., Deaconu, A., & True, S. (2018). From successful SMEs to entrepreneurial society and the importance of the entrepreneurial mindset. In Contributions to Management Science (pp. 315–328). https://doi.org/10.1007/978-3-319-72239-9_15

Rohmah, S., Khuluq, L., & Prasetyo, T. (2022). Strategi pemberdayaan santri dalam meningkatkan jiwa wirausaha berbasis pondok pesantren. Jurnal Al-Tarbawi, 5(1), 112–123. https://doi.org/10.32923/al-tarbawi.v5i1.2198

Saad, M., & Ali, M. (2020). Entrepreneurial education and its impact on entrepreneurial intentions among Islamic school students in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(8), 45–59.

Tripopsakul, S., Mokkhamakkul, T., & Puriwat, W. (2022). The development of the entrepreneurial spirit index: An application of the entrepreneurial cognition approach. Emerging Science Journal, 6(3), 493–504. https://doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-03-05

Unduhan

Diterbitkan

24-03-2025

Cara Mengutip

Herawati, M. (2025). Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Self-Assessment dan Analisis SWOT di Pondok Pesantren Bukit Al-Qur’an Demak . Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i1.1076

Terbitan

Bagian

Artikel