Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Self-Assessment dan Analisis SWOT di Pondok Pesantren Bukit Al-Qur’an Demak
DOI:
https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i1.1076Kata Kunci:
Santri, Wirausaha, Potensi, Minat, BakatAbstrak
Pembelajaran kewirausahaan bertujuan untuk mempersiapkan bekal bagi santri pondok pesantren Bukit Al-Qur’an untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja saat ini. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh santri pondok pesantren bukit Al-Qur’an Kabupaten Demak yang berada dalam masa pencarian jati diri dan aktualisasi diri. Penggalian potensi, minat dan bakat bertujuan untuk mengetahui segmen usaha yang dapat dijalani oleh peserta pelatihan. Metode dalam kegiatan ini dilakukan dengan Self Assesment serta analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan berwirausaha. Hasil dari kegiatan ini adalah kemampuan dan pengetahuan bagi santri untuk mengenali potensi, minat dan bakat mereka dalam berwirausaha sebagai bekal bagi santri dalam menghadapi tantangan karir. Dari kegiatan ini santri dapat mengenali potensi, minat dan bakat, serta kelemahan diri masing-masing sehingga dapat mengantisipasi kekurangan dan kelemahan tersebut.
Unduhan
Referensi
Asnidar, N., & Husaini, A. (2021). Kewirausahaan berbasis nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 165–178. https://doi.org/10.24014/jpi.v10i2.13701
Fauzi, M., & Firdaus, A. (2021). Integrasi nilai Islam dan wirausaha dalam membentuk karakter enterpreneur santri. Islamic Business and Management Journal, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.24235/ibmj.v3i1.8633
F., S., K., P., & J., G. (2018). Entrepreneurship as worship: A Malay Muslim perspective. Journal of Management and Organization.
Howard, G. (2015). Music publishing: How to understand and engage with copyright in the digital world. In Music entrepreneurship (pp. 215–240). https://doi.org/10.5040/9781472527912.ch-009
Hussain, Z., Mari, A., & Arif, M. (2023). Entrepreneurial intentions from an Islamic perspective: A case study of Muslim entrepreneurs in Pakistan. In Strategies and Applications of Islamic Entrepreneurship (pp. 168–183). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7519-5.ch011
Ince-Yenilmez, M., & Darici, B. (2021). Engines of economic prosperity: Creating innovation and economic opportunities through entrepreneurship. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76088-5
Islam, M. A., Wani, A. A., Bhat, G. M., Gatoo, A. A., Shah, M., Atta, U., & Shah, S. S. (2020). Diagnostic SWOT appraisal of the wicker handicraft entrepreneurship development in Kashmir, India. Journal of Applied and Natural Science, 12(2), 193–201. https://doi.org/10.31018/jans.vi.2279
Kayed, R. N., & Hassan, M. K. (2010). Islamic entrepreneurship: A case study of Saudi Arabia. Journal of Developmental Entrepreneurship, 15(4), 379–413. https://doi.org/10.1142/S1084946710001634
Lubis, M. R., & Wahyuni, S. (2023). Pesantrenpreneur: Model pendidikan kewirausahaan di pesantren salafiyah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 10(2), 256–270. https://doi.org/10.20473/vol10iss2pp256-270
Manjaly, N. B., Nimmi, P. M., Joseph, G., & Kailash, N. K. S. (2022). Entrepreneurial intention of Indian women university students: The role of entrepreneurial self-assessment and entrepreneurial passion. Journal of Women’s Entrepreneurship and Education, 2022(3–4), 273–290. https://doi.org/10.28934/jwee22.34.pp273-290
Medne, D., Lastovska, A., Lama, G., & Grava, J. (2024). Unlocking potential: Exploring the interplay between entrepreneurship and research competence across diverse academic disciplines. Frontiers in Education, 9, 1415599. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1415599
Rasca, L., Deaconu, A., & True, S. (2018). From successful SMEs to entrepreneurial society and the importance of the entrepreneurial mindset. In Contributions to Management Science (pp. 315–328). https://doi.org/10.1007/978-3-319-72239-9_15
Rohmah, S., Khuluq, L., & Prasetyo, T. (2022). Strategi pemberdayaan santri dalam meningkatkan jiwa wirausaha berbasis pondok pesantren. Jurnal Al-Tarbawi, 5(1), 112–123. https://doi.org/10.32923/al-tarbawi.v5i1.2198
Saad, M., & Ali, M. (2020). Entrepreneurial education and its impact on entrepreneurial intentions among Islamic school students in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(8), 45–59.
Tripopsakul, S., Mokkhamakkul, T., & Puriwat, W. (2022). The development of the entrepreneurial spirit index: An application of the entrepreneurial cognition approach. Emerging Science Journal, 6(3), 493–504. https://doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-03-05
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mesi Herawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.