Panduan Penulis

  1. Naskah yang ditulis untuk J-IbM meliputi hasil-hasil penelitian Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masyarakat. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia.
  2. J-IbM tidak menerima naskah melalui email. Naskah harus dikirimkan melalui sistem web. Bagi yang belum pernah registrasi, silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  3. Naskah yang dikirimkan berupa file *.doc atau *.docx
  4. Panjang naskah diharapkan tidak melebihi 25 halaman.
  5. Penulisan naskah harus mengikuti aturan yang disediakan dalam template J-IbM. Silahkan download Template GABDIMAS pada link ini.
  6. Penulisan naskah disarankan dengan bagian struktur sebagai berikut: Pendahuluan - Metode - Hasil - Diskusi - Kesimpulan. Teorema yang sudah jelas tidak perlu ditulis, cukup disitasi ketika diperlukan. 
  7. Sitasi dan daftar pustaka artikel lebih dari 15 dan diutamakan 5 tahun terakhir dan berasal dari jurnal yang bereputasi. Daftar pustaka dari jurnal minimal 80% dari yang ditulis.
  8. Saat mengirimkan naskah diwajibkan juga untuk mengirimkan pernyataan etika publikasi. Etika publikasi yang lebih detil dapat dibaca pada link ini. Pernyataan etika publikasi tersebut diharapkan untuk dibaca,  dipatuhi dan ditandatangani sebelum dikirimkan.
  9. Setiap naskah di GABDIMAS akan direview oleh reviewer dengan sistem Double Blind Peer Review. Semua proses review dilakukan secara online melalui sistem web dan perkembangan dari naskah dapat dipantau oleh penulis melalui sistem web.
  10. Waktu setiap naskah mulai dikirim sampai dengan dinyatakan diterima oleh redaksi tidak akan sama tergantung dari proses review masing-masing naskah. Redaksi tidak bisa menjamin waktu terbit dengan pasti saat naskah baru dikirimkan oleh penulis.
  11. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.

PRINSIP-PRINSIP PANDUAN

Sebuah manuskrip yang dapat diterima akan memenuhi kriteria umum berikut: ia melaporkan kontribusi yang berharga bagi sains, metodologi yang baik digunakan dan dijelaskan dengan cukup rinci sehingga ilmuwan lain yang cakap dapat mengulangi eksperimen tersebut. Kesimpulan didukung oleh data, naskah ringkas, ditulis dengan baik, dan dapat dipahami.

FORMAT MANUSkrip

Naskah diunggah ke sistem GABDIMAS dan disusun dalam format standar, Judul, Penulis, Alamat dan Email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Referensi. Diketik pada satu sisi kertas putih ukuran A4, dalam satu kolom, 1 spasi, font Cambria 11 titik dan diberi nomor baris. Margin pada keempat sisinya adalah 2 cm.

Judul (Font: Kapitalisasi Setiap Kata, Cambria, Ukuran 14)

(Judul harus mencerminkan isu dan fokus pengabdian kepada masyarakat, pokok bahasan pengabdian, aksi dan strategi, serta tujuan perubahan sosial yang diharapkan)

Nama Penulis1 (Cambria, size 12)

1Affiliation/Institution (Cambria, size 11)

E-mail:

Abstrak: memuat isu dan fokus pengabdian kepada masyarakat, pokok bahasan pengabdian, tujuan pengabdian kepada masyarakat, metode/pendekatan/strategi penelitian pengabdian kepada masyarakat, dan hasil pengabdian kepada masyarakat (maksimal 150 kata).

(Cambria, ukuran 11 font Italic)

Kata Kunci: 3-6 words

Pendahuluan (Cambria, ukuran 12)

Berisi uraian tentang analisis situasi atau kondisi objektif subjek pengabdian masyarakat (komunitas binaan), isu dan fokus layanan, alasan memilih subjek pengabdian masyarakat, dan perubahan sosial yang diharapkan atau tujuan pengabdian masyarakat didukung oleh data kualitatif dan kuantitatif, dan didukung oleh tinjauan literatur yang relevan. Referensi harus menerapkan APA Style. (Cambria, ukuran 11).

Metode (Cambria, ukuran 12)

Berisi tentang gambaran proses perencanaan aksi bersama masyarakat (community organization). Menjelaskan subjek, tempat dan lokasi pengabdian masyarakat, keterlibatan subjek binaan dalam proses perencanaan dan pengorganisasian masyarakat, dan metode penelitian atau strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan dan tahapan kegiatan pengabdian yang diharapkan. Proses perencanaan dan strategi/metode dijelaskan melalui diagram alir atau diagram. (Kambria, ukuran 11).

Hasil (Cambria, ukuran 12)

Bagian ini berisi uraian tentang hasil proses pengabdian kepada masyarakat, yaitu penjelasan tentang dinamika proses pendampingan (berbagai kegiatan yang dilakukan, bentuk tindakan teknis atau program untuk memecahkan masalah masyarakat). Ia juga menjelaskan munculnya perubahan sosial yang diharapkan, misalnya munculnya institusi baru, perubahan perilaku, munculnya pemimpin lokal (local leader), terciptanya kesadaran baru terhadap transformasi sosial, dan sebagainya. (Cambria, ukuran 11).

Diskusi (Cambria, ukuran 12)

Berisi pembahasan hasil deskripsi pengabdian masyarakat dan pembahasan teoritis yang relevan dengan temuan pengabdian masyarakat. Bagian ini juga membahas temuan teoritis dari proses pelayanan dari awal hingga perubahan sosial terjadi. Pembahasan didukung oleh referensi dan perspektif teoretis yang diberikan oleh tinjauan pustaka yang relevan. Referensi harus menerapkan APA Style. (Kambria, ukuran 12)

Kesimpulan (Cambria, ukuran 12)

Bagian ini berisi uraian kesimpulan hasil pengabdian kepada masyarakat berupa refleksi teoritis dan rekomendasi. (Kambria, ukuran 11)

Ucapan Terima Kasih (Cambria, ukuran 12)

Berisi uraian ucapan terima kasih atau ucapan terima kasih kepada pihak-pihak (perorangan atau lembaga) yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam menyukseskan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat. (Cambria, ukuran 11).

Referensi (Cambria, ukuran 12)

(Penulisan referensi harus mengikuti aturan APA Style. (Cambria, ukuran 11).