Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Hanny Nabila Humairo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardianto Mardianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ramadhan Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i2.1154

Kata Kunci:

Model, Pembelajaran, Picture and Picture, Menulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis paragraf siswa kelas III SDN 060834 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan partisipan kepala sekolah dan guru kelas III. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam mengorganisir ide ke dalam paragraf yang runtut dan padu. Oleh karena itu, penelitian dibatasi pada kemampuan menulis paragraf deskripsi berdasarkan gambar, bukan jenis paragraf lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model Picture and Picture, skor rata-rata kelas eksperimen dalam menyusun paragraf adalah 62,06, sedangkan kelas kontrol sebesar 60,23. Setelah penerapan model, skor rata-rata pasca-tes kelas eksperimen meningkat menjadi 81,94, sementara kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tidak menunjukkan peningkatan berarti. Uji hipotesis menghasilkan nilai 3,516 > 1,68595 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, pembelajaran Picture and Picture terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa. Hasil ini menjadi acuan bagi lembaga pendidikan untuk mendorong guru meningkatkan kreativitas dan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan media yang tepat, sehingga minat belajar siswa dapat tumbuh dan tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anas, N., & Sapri. (2022). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1–8.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Fougnie, D., & Ward, E. J. (2021). Dual Coding Of Visual And Verbal Information: Evidence From Working Memory. Journal of Experimental Psychology: General, 150(3), 567–582.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Lase, I. P. S., Ndruru, M., & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep belajar siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran.

Ismawati, E. (2012). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA. Penerbit Ombak.

Maryani, T., Saleh, Y. T., & Permana, R. (2021). The Effect Of Picture and Picture Learning Models On The Skills Of Writing Fiction Stories In Primary School. Cendekiawan, 3(1), 22–33.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Pratiwi, N., & Aslam. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

Rusmiati, R., Miko, M., & Shaumiwaty. (2023). The Impact Of Picture and Picture Learning Model On EFL Students’ Writing Ability. Accentia: Journal of English Language and Education, 3(2), 77–85.

Sangadah, K., Purwanti, E., Abidin, Z., & Sismulyasih, N. (2020). The Effectiveness of Picture and Picture Learning Models on the Skills of Writing Narrative Papers. Elementary School Teacher, 4(1), 1–4.

Setiawati. (2018). HELPER. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Usiono. (2012). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan. Perdana Publishing.

Utami, E. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIA SD Islam Terpadu Arofah 1 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Cara Mengutip

Nabila Humairo, H., Mardianto, M., & Lubis, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 84–100. https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i2.1154

Terbitan

Bagian

Artikel