Pengaruh Ulasan Daring Terhadap Keputusan Tamu Dalam Pemesanan Kamar Hotel

Penulis

  • Felicia Caryn Universitas Bina Nusantara
  • Dennis Alya Universitas Bina Nusantara
  • Natalia Christin Universitas Bina Nusantara
  • Bhipasha Kailash Khemlani Universitas Bina Nusantara
  • Stefanie Egary Universitas Bina Nusantara
  • Julius Agustinus Universitas Bina Nusantara
  • Kiky Soraya Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i2.1169

Kata Kunci:

Ulasan Daring, Keputusan Konsumen, Pemesanan Hotel, Reputasi Online, Perilaku Tamu

Abstrak

Kemajuan teknologi digital telah merevolusi perilaku konsumen dalam memilih layanan akomodasi, khususnya melalui pemanfaatan ulasan daring (online reviews) sebagai sumber informasi utama sebelum melakukan pemesanan kamar hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh signifikan ulasan daring terhadap keputusan pemesanan kamar hotel oleh calon tamu. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods), data dikumpulkan melalui survei online terhadap 36 responden yang pernah memesan kamar hotel melalui platform digital seperti Traveloka, Tiket.com, dan Agoda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dipertimbangkan oleh calon tamu adalah fasilitas hotel, kebersihan, suasana, serta ulasan daring. Komponen rating hotel, foto asli, dan ulasan negatif menjadi elemen ulasan yang paling mempengaruhi keputusan. Mayoritas responden cenderung menghindari hotel dengan ulasan buruk, menunjukkan pentingnya reputasi daring dalam membangun kepercayaan. Namun demikian, kebiasaan memberikan ulasan setelah menginap masih rendah. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi manajemen hotel dalam merancang strategi pemasaran dan pelayanan yang lebih efektif berbasis manajemen reputasi daring.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhamdi, R. (2023). Pengaruh Online Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Hotel Di Online Travel Agent (Studi Kasus Kota Batam)., 9, 63-70. https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70

Anugrah, D. R., & Pasaribu. (2023). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar Studi Pada Pengguna Online Travel Agent di Rocky Plaza Hotel Kota Padang, 4, 192-194.

Ariansyah, K., Prawiro, J., & Sanjaya, R. (2025). Pengaruh Ulasan Online Terhadap Keputusan Wisatawan dalam Memilih Hotel., 2, 2-6.

Astiarini, D. (2018). Helpfulness of Online Review: a Role of Review Valence (Case Study of Amazon.com). https://doi.org/10.31002/rn.v1i1.558

Blal, I. (2014, 11 24). Online Reviews: Insights Into Their Effects On Hotel Sales.

Budhi, A., & Witarsana, I. G. A. G. (2022). Pengaruh Tripadvisor Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Booking Decision Tamu Domestik Di Bali, 6.

Budiarto, S. (2022). Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pemesanan Hotel Konsumen Secara Online (Survei Online pada Pengguna Aplikasi Traveloka), 1, 9-14.

Hayati, A. M., Fajar, F., Dibrata, T., Ngesti, M. U., & Ginanjar, S. E. (2023). Pengaruh Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Pada Hotel Bintang Empat Dan Bintang Lima Di Kota Bandung, 9. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1812

Marthasari, D., & Widjaja, D. C. (2020). PENGARUH ULASAN ONLINE PADA ONLINE TRAVEL AGENCY (OTA) TERHADAP MINAT PEMESANAN KAMAR HOTEL DI SURABAYA, 6, 2-4. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.1-8

Minarto, A. H., Felita, E., & Thio, S. (2021). KEPERCAYAAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMESANAN HOTEL DI TRAVELOKA, 7. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.1-9

Putri, F. N. (2024). Dampak Ulasan Online, Harga, dan Fitur Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Hotel Melalui Traveloka., 4, 9-14.

Putri, G. A. A. N. P., Diwyarthi, N. D. M. S., & Suastini, N. M. (2024). Pengaruh Review Pada Trip Advisor Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di W Bali Seminyak, 3(12), 1882. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i12.1783

Ramadhan, K. Z., & Suharto, B. (2024). Transformasi Digital Di Bidang Hospitalitas: Menjelajahi Peran Teknologi Dalam Memperlancar Operasional Hotel.

Salsabila, J. R., Suhendra, A., & Mufidah, I. (2022). USULAN STRATEGI PENINGKATAN KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUTUSAN BOOKING PELANGGAN HOTEL X. https://doi.org/10.14710/jati.17.2.118-127

Thung, M. F., Tjahjowidodo, B. T., & Wijaya, S. (2021). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN HOTEL BINTANG 2 DAN BINTANG 5 DI SURABAYA: PENERAPAN PROSES TEXT-MININGATAS ULASAN DARING KONSUMEN, 15, 1-2.

Thurau, T. H., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet?, 18, 12-13.

Triloka, L. G. N., Mahendra, I. W. E., & Susanti, L. E. (2024). Pengaruh Ulasan Online pada Tripadvisor dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kamar., 3, 1724-1726.

Udayana, P. S. N., & Indriya, D. A. G. A. (2025). Tinjauan Literatur Tentang Ulasan Online Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Di Era Digital. https://doi.org/10.56915/miw.v7i2.199

Vional, S. Kom. , M. M. (2023). Pengaruh Online Reviews, Price Discount & Risk terhadap Purchase Intention Pemesanan Kamar Hotel Pada Online Travel Agent dengan Brand Trust sebagai Variable Intervening., 9, 199-201.

Wahyuni, N. M. M., & Suastini, N. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di Kaamala Resort Ubud., 1, 8-11.

Widiarta, I. K. A., Dharmadewi Atmaja, N. P. C., & Manek, D. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Kewajaran Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Holiday Inn Express Baruna Bali., 5, 126-130.

Yanti, N., Antari, N. L. S., & Yogantara, K. K. (2023). Pengaruh Ulasan Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Goya Boutique Resort Ubud.

Yapsani, A., Kristianto, F., Handayati, F. D., & Rosalina, Y. (2020). Pengaruh Online reviews terhadap Intensi Pemesanan Hotel Secara Online di Jakarta, 3, 2-5.

Unduhan

Diterbitkan

15-07-2025

Cara Mengutip

Caryn, F., Alya, D., Christin, N., Kailash Khemlani, B., Egary, S., Agustinus, J., & Soraya, K. (2025). Pengaruh Ulasan Daring Terhadap Keputusan Tamu Dalam Pemesanan Kamar Hotel. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66–74. https://doi.org/10.55537/gabdimas.v3i2.1169

Terbitan

Bagian

Artikel