Peningkatan Pengetahuan Guru Raudhatul Athfal Melalui Workshop Keberagaman Anak Berkebutuhan Khusus

Penulis

  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti
  • Cucum Sumiati Universitas Panca Sakti
  • Imam Setiawan Universitas Panca Sakti
  • Dewa Ayu Trisna Yuliati Universitas Panca Sakti

Kata Kunci:

pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, workshop guru RA

Abstrak

Minimnya pengetahuan guru-guru RA di Kecamatan Jatiluhur mengenai keberagaman anak berkebutuhan khusus merupakan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam memahami tentang pengertian, jenis, karakteristik dan penyebab anak berkebutuhan khusus bagi para guru Raudhatul Athfal Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Workshop ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah Pre-Test dan pembahasan materi tentang keberagaman anak berkebutuhan khusus. Pada sesi dua, peserta diberikan studi kasus dengan melihat video dan mendiskusikan dengan kelompoknya terkait video dan sesi tiga diakhiri dengan Post-Test. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya tingkat pengetahuan guru-guru RA dari 25% menjadi 70% dari keseluruhan peserta workshop yang dapat memahami dengan baik tentang keberagaman anak berkebutuhan khusus dan karakteristiknya.

 

Referensi

Adnan Evita, Soendjojo Rahmitha P, A. D. (2012). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. In Bahan Ajar Diklat Dasar.

Chamidah, atiien N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 2(2),1–6. https://www.academia.edu/31661651/Mengenal_Anak_Berkebutuhan_Khusus

Endriani Ani, N. (2022). Pelatihan Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru PAUD. Community : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2009). Permendiknas No 70 Tahun 2009. In Permendiknas No 70 Tahun 2009 (Vol. 123, Issue 10, pp. 2176–2181).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud No 157 Tahun 2014.

Presiden RI. (n.d.). UU No14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Presiden RI. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003. In UU RI No 20 Tahun 2003 (pp. 1–33).

Setiawan, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus Dalam PAUD. Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208.

Widyastuti, Titik Mulat, Y. A. S. (2020). Program Pelatihan Pendidikan Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Paud. 3(2), 1–9.

Setiawan, I (2020). A to Z Anak Berkebutuhan Khusus. Jejak Publisher. Sukabumi

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-02

Cara Mengutip

Yunitasari, S. E. ., Sumiati, C. ., Setiawan, I., & Yuliati, D. A. T. . (2023). Peningkatan Pengetahuan Guru Raudhatul Athfal Melalui Workshop Keberagaman Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. Diambil dari https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/595

Terbitan

Bagian

Artikel