E-Compliment Pada Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Konsumen

Penulis

  • Nadila Alya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Dedi Irawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstrak

Pada zaman teknologi yang semakin maju, hampir di setiap kegiatan sehari-hari manusia menggunakan internet. Perusahaan dan divisi khusus mengharapkan seluruh sistem di tempat bekerja menjadi mudah untuk dijangkau, begitu juga dengan layanan data pengaduan konsumen. Biasanya konsumen harus datang ke kantor untuk membuat pengaduan terhadap pelaku usaha. Proses data pengaduan tidak efisien ini memotivasi saya untuk meningkatkan sistem informasi layanan formulir pengaduan berbasis website yang akan menangani masalah ini. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) atau disebut modell waterfall. Sistem yang dibuat dan dikembangkan berbasis website dengan menggunakan HTML, database MySQL, dan bahasa pemrograman PHP. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para konsumen untuk membuat pengaduan secara online, yang kemudian akan dibantu pegawai instansi untuk mempermudah masalah dari konsumen. Hasil penelitian ini memudahkan para instansi agar mencari data konsumen yang mengadu di halaman data.  Melalui adanya sistem ini diinginkan untuk memudahkan kantor atau divisi sub bagian pemberdayaan konsumen dan pelaku dalam data pengaduan konsumen secara efektif.

Referensi

Andrian, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 85–93. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Dwi Wijaya, Y., & Wardah Astuti, M. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions Blackbox Testing of Pt Inka (Persero) Employee Performance Assessment Information System Based on Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 23–26.

Erawati, W. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(1), 1. https://doi.org/10.30865/mib.v3i1.987

Kinaswara, T. A., Hidayati, N. R., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan | Kinaswara | Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 71–75. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1073

Listiyan, E., & Subhiyakto, E. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4272

Oktasari, A. J., Kurniadi, D., Pendidikan, P., Informatika, T., Teknik, F., Negeri, U., Teknik, J., Universitas, E., & Padang, N. (2019). Kata kunci : Sistem Informasi, Manajemen Kegiatan Mahasiswa, SQL, MVC, Framework Yii2. 7(4).

Oktaviani, N., & Made Widiarta, I. (2019). Pada Smp Negeri 1 Buer. Jurnal JINTEKS, 1(2), 160–168.

Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2019, 1–7.

Puspitasari, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking) (Studi Kasus : Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 69–77. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Tabrani, M. (2018). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori Pt. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, 1(2), 30–40. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v1i2.12

Yuanitasari, D., & Kusmayanti, H. (2019). Eksistensi Bpsk (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Dalam Pengawasan Pencantuman Klausula Baku Dalam Sistem Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Jurnal IUS Kajian Hukum Dan Keadilan, 7(3), 425. https://doi.org/10.29303/ius.v7i3.676

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-09

Cara Mengutip

Alya, N., & Irawan, M. D. . (2023). E-Compliment Pada Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Konsumen. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27–37. Diambil dari https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/621

Terbitan

Bagian

Artikel