Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat dengan Pendekatan Waterfall dan Pengujian Black Box

Penulis

  • Dita Sucinta Sembiring Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Dedi Irawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yustria Handika Siregar Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55537/gabdimas.v2i2.920

Kata Kunci:

Aplikasi Mobile, Pendekatan Waterfall, Black Box Testing, Partisipasi Masyarakat

Abstrak

Indonesia sebagai negara demokrasi terus berupaya memastikan bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Salah satu bentuk partisipasi politik masyarakat dalam pemerintahan yang demokratis adalah keterlibatan warga dalam pemilihan umum. Aplikasi mobile untuk pengaduan masyarakat sangat penting bagi sebuah instansi untuk menilai kinerja, memperbaiki kekurangan, serta menerima masukan atas tugas-tugas yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana prosedur penelitian bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi di lapangan. Penerapan teknologi, khususnya sistem informasi pengaduan masyarakat, membantu meminimalisir keterbatasan dalam pelayanan sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan menyampaikan informasi dalam waktu singkat, di mana pun mereka berada. Perancangan sistem menggunakan pendekatan waterfall dan diuji dengan metode black box testing, yang membuktikan bahwa sistem berfungsi dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, M. (2013). Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta: Universitas Indonesia.

Dewi, L. Y., Sinaga, H. L. N., Pratiwi, N. A., & Widiyasono, N. (2022). Analisis Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Partisipasi Politik Masyarakat di Pilkada serta Meminimalisir Golput. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, 8(1), 36–47. https://doi.org/10.37058/jipp.v8i1.4082

Djojonegoro, T. (1998). Integrasi Program Pendidikan Sekolah dengan Pengalaman Langsung di Dunia Usaha atau Industri. Yogyakarta: UGM Press.

Hamalik, O. (2007). Pengembangan Kurikulum dan Proses Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Ikhwan, A., & Lubis, D. A. P. (2023). Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT. Hello World: Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i1.193

Kurniasih, K., & Mulyono, H. (2022). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Kantor Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(4), 678–688. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2022.7.4.692

Kasim, L., Hadjaratie, L., & Dai, R. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Skripsi dan Kerja Praktik Berbasis Web. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 95–107. https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.5331

Kistyawati, D., & Wijayanti, E. (2022). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Balai Desa Karangrowo). Indonesian Journal of Technology and Informatics Science, 3(2), 46–51. https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.7678

Lingga, I. E. B. (2016). Implementasi Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat Sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayan Publik Nasional Di Kabupaten Karo. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 15(2), 1–23.

Marsehan, A. (2023). Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 43–50.

Mahpudin, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Pemilu Di Tengah Era Post Truth: Antara Efisiensi dan Kepercayaan. Jurnal PolGov, 1(2), 157. https://doi.org/10.22146/polgov.v1i2.55886

Muthahhari, M., Perwitasari, A., & Pasaribu, F. E. (2021). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Praktik Kerja Lapangan di SUPM Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 9(4), 414. https://doi.org/10.26418/justin.v9i4.49645

Nugroho, D. A., & Sukmariningsih, R. M. (2020). Peranan Komisi Pemilihan Umum Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Demokratis. Juridical Review, 1(01), 22. https://doi.org/10.35973/jrs.v1i01.1449

Pusparini, D. A. I., Raharjo, E., & Lestari, S. (2022). Penerapan Aplikasi Kepemiluan KPU Di Tingkat Kabupaten/Kota: Hambatan Dan Solusi. Electoral Governance Journal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 3(2), 138–160.

Safitri, R. D., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dalam Memasuki Dunia Kerja Di STKIP PGRI Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(2), 102–110.

Setiawan, R., Agustin, Y. H., & Ningsih, I. H. R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Kerja Praktik Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 19(1), 42–53. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.996

Syailla, A. N. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII. Psikoborneo Journal of Scientific Psychology, 5(3), 358–365. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4421

Susana, N. (2015). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Manajer Pendidik, 10(6), 579–587.

Syafei, I., Kamayani, M., & Sinduningrum, E. (2020). Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Terhadap Lingkungan Di Tingkat Kelurahan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 4(2502), I111–I116. https://doi.org/10.22236/teknoka.v4i0.4271

Wibowo, R. E., Santoso, J. T. B., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK. Business Accounting and Education Journal, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448

Zuhri, S. (2019). Urgensi pemanfaatan teknologi informasi dalam penghitungan dan rekapitulasi suara. Electoral Research, 29, 1–17.

Unduhan

Diterbitkan

29-09-2024

Cara Mengutip

Sembiring, D. S., Irawan, M. D., & Siregar, Y. H. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat dengan Pendekatan Waterfall dan Pengujian Black Box . Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.55537/gabdimas.v2i2.920

Terbitan

Bagian

Artikel