Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.55537/gabdimas.v2i2.942Kata Kunci:
strategi pengembangan, strategi pemasaran, UMKM era digitalAbstrak
Desa Bulujaran Lor, Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo, memiliki UMKM yang menghadapi kendala modal, akses pasar, dan teknologi. Untuk mengatasi ini, tim Abdimas dari Institut Ahmad Dahlan (IAD) Probolinggo melaksanakan program pengembangan UMKM selama dua hari, melibatkan 12 peserta. Metode meliputi perencanaan, pelatihan, dan evaluasi. Hari pertama fokus pada identifikasi masalah dan strategi pemasaran. Hari kedua dilakukan pelatihan pembuatan peta digital, akun e-commerce, dan pengisian konten digital. Hasil menunjukkan digitalisasi dan pemasaran berbasis teknologi membantu UMKM meningkatkan akses pasar melalui e-commerce dan media sosial. Efisiensi operasional juga meningkat dengan pembayaran digital dan manajemen inventaris yang lebih baik. Tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan pengetahuan dan anggaran. Program ini berhasil memperluas jangkauan pasar UMKM dan meningkatkan daya saing, meskipun memerlukan dukungan lebih lanjut untuk mencapai pengembangan yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Bahri, S. (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Bercirikan Vuca. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 37–51. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.82
Basry. (2019). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ikra-Ith Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266
Doktor. (2023). Keadilan ( Telaah Reflektif Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Semarang ) ( Telaah Reflektif Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Semarang ).
Hamzah. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12. Retrieved from https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas
Hidayat. (2020). Laporan Penelitian Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI Tahun 2020, 1–63.
Hidayat, M. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Smp Hasmi Islamic Boarding School Tamansari Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 103. https://doi.org/10.30868/im.v2i01.373
Kusmiati. (2022). Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Keripik Pisang Ibu Nur Desa Kutaampel 5230 | A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w a Keripik Pisang Ibu Siti Nurjanah atau biasa dipanggil dengan sebutan Keripik Pisang Ibu Nur , 2(2), 5230–5237.
Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. Qistie, 15(1), 17. https://doi.org/10.31942/jqi.v15i1.6485
Larson. (2021). Integrated Marketing Communication Management: Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 3(2), 23–36. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Mardiani. (2024). Strategi Digital Marketing Pkm Untuk Menumbuh Kembangkan Usaha Umkm. … Journal: Jurnal …, 5(1), 1257–1262. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25010%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/25010/17573
Maulana, M. I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Font Di Era Digital (Studi Kasus pada Mikrojihad Foundry di Kota Serang,Banten), 1–170.
Mirzam, M. R. (2021). Strategi Survival Umkm Batik Tulis Pekalongan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada “Batik Pesisir” Pekalongan). Balanca : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 1–26. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i02.1532
Naya, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Bagi UMKM Limunite di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar Use of Instagram Social Media as a Promotional Means For Limunite MSMEs in Village of Sukorejo City of Blitar. JPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(2), 27–34. Retrieved from https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i2.163
Pratama. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 1(3), 46. https://doi.org/10.35697/jrbi.v1i3.53
Rengganawati. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal, 2(1), 28–50. https://doi.org/10.38204/komversal.v2i1.496
Rofiah, C. (2023). Tren Pemasaran Masa Depan. Margin Eco, 7(2), 113–147. https://doi.org/10.32764/margin.v7i2.4084
Rozi, A. (2021). Strategi Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Pemasaran. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary …, 2, 69–73. Retrieved from http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/article/view/31%0Ahttp://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/article/download/31/31
Salim. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Dan Peningkatan Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Café Tirtasari Kota Padang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 10. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1461
Siregar, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri Cabang Krakatau Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi,1(2),197058.Retrievedfrom https://www.neliti.com/id/publications/197058/pengaruh-strategi-pemasaran-terhadap-peningkatan-jumlah-nasabah-pada-pt-bank-man
Tresnawati. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Badrul Qomar, Muhammad Zakaria Zaka, Devy Habibi Muhammad

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.