Determinan Minat Generasi Z Membeli Sukuk Ritel Dengan Media Sosial Sebagai Variabel Moderating
DOI:
https://doi.org/10.55537/mumtaz.v2i1.444Keywords:
Sukuk Ritel, Minat, Media Sosial, ModeratingAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk menguji determinan minat generasi Z membeli sukuk ritel dengan media sosial sebagai variabel moderating. Paper ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner yang disusun secara terstruktur. Selanjutnya menguji hipotesis yang dikembangkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Survei dilakukan pada sampel generasi Z di Kota Padangsidimpuan sebanyak 260 sampel dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa imbal hasil, literasi keuangan dan media sosial signifikan memengaruhi minat generasi Z membeli sukuk ritel. Namun, media sosial tidak signifikan memoderasi hubungan imbal hasil, resiko keuangan dan literasi keuangan dalam meningkatkan minat generasi Z membeli sukuk ritel. Untuk meningkatkan minat generasi Z membeli sukuk ritel, otoritas sektor keuangan perlu meningkakan edukasi dan sosialisasi terkait sukuk ritel menggunakan platform media sosial. Sejauh yang penulis ketahui, belum ada penelitian yang berfokus secara khusus pada media sosial dalam memoderasi variabel-variabel yang memengaruhi minat generasi Z membeli sukuk ritel.