Determinan Minat Generasi Z Membeli Sukuk Ritel Dengan Media Sosial Sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Nurul Izzah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
  • Andri Soemitra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/mumtaz.v2i1.444

Keywords:

Sukuk Ritel, Minat, Media Sosial, Moderating

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menguji determinan minat generasi Z membeli sukuk ritel dengan media sosial sebagai variabel moderating. Paper ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner yang disusun secara terstruktur. Selanjutnya menguji hipotesis yang dikembangkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Survei dilakukan pada sampel generasi Z di Kota Padangsidimpuan sebanyak 260 sampel dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa imbal hasil, literasi keuangan dan media sosial signifikan memengaruhi minat generasi Z membeli sukuk ritel. Namun, media sosial tidak signifikan memoderasi hubungan imbal hasil, resiko keuangan dan literasi keuangan dalam meningkatkan minat generasi Z membeli sukuk ritel. Untuk meningkatkan minat generasi Z membeli sukuk ritel, otoritas sektor keuangan perlu meningkakan edukasi dan sosialisasi terkait sukuk ritel menggunakan platform media sosial. Sejauh yang penulis ketahui, belum ada penelitian yang berfokus secara khusus pada media sosial dalam memoderasi variabel-variabel yang memengaruhi minat generasi Z membeli sukuk ritel.

Published

2022-12-26