Analisis Perspektif Etika Bisnis Islam Terhadap Manajemen Laba
DOI:
https://doi.org/10.55537/mumtaz.v3i1.565Keywords:
Etika Bisnis Islam, Manajemen LabaAbstract
Dalam penelitian ini, definisi manajemen laba didasarkan pada pandangan Schipper bahwa manajemen laba adalah “rekayasa yang dikelola” oleh manajemen untuk secara sengaja melakukan intervensi dalam proses penentuan laba atau pelaporan keuangan dengan memanfaatkan metode dan kebijakan akuntansi untuk tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki praktik manajemen laba dari sudut pandang etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data, dan kajian pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam tidak berlaku untuk manajemen laba. Prinsip tauhid dan tauhid tertanam dalam etika bisnis Islam. sama, seimbang; kebebasan; tanggung jawab; kebaikan, amal.