Pengaruh Sosial Media, E Word of Mouth dan Harga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.55537/mumtaz.v3i2.847Keywords:
E Word Of Mouth, Harga, Perilaku Konsumtif, Sosial MediaAbstract
Konsumen kini dapat mengakses dan mengomunikasikan informasi berkat media sosial, yang merupakan revolusi media. Maraknya media sosial telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perilaku dan cara berpikir konsumen saat berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana harga, promosi dari mulut ke mulut, dan media sosial memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa UIN Sumatera Utara (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Pengumpulan informasi dilakukan dengan kuesioner kepada 100 responden. Suatu variabel dikatakan kuantitatif jika nilainya dapat dinyatakan secara numerik atau kuantitatif. Pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen ditunjukkan dengan koefisien regresi variabel yang positif, yaitu sebesar 0,201 (20,1%), nilai word of mouth sebesar 0,120 (12,0%), dan harga sebesar 0,242 (24,2%). Nilai-nilai tersebut semuanya berkorelasi erat dengan perilaku konsumen mahasiswa UINSU. Nilai signifikansinya adalah 0,000 dan F hitungnya adalah 12,629 menurut uji ANOVA. Dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 untuk uji ini, maka dapat dikatakan bahwa harga, word of mouth, dan media sosial secara bersama-sama dan sendiri-sendiri memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU.