Peningkatan Motivasi Guru dalam Penelitian Kuantitatif Melalui Pelatihan SPSS di SD Swasta Taman Cahaya Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.55537/j-ibm.v4i2.1000Kata Kunci:
Evaluasi, Media Pembelajaran, Pelatihan Guru, Penelitian Kuantitatif, SPSSAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi guru dalam melakukan penelitian kuantitatif melalui pelatihan penggunaan perangkat lunak SPSS. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SD Swasta Taman Cahaya Pematang Siantar, dengan 21 guru sebagai partisipan. Tahapan kegiatan meliputi observasi awal (wawancara dan survei), penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan difokuskan pada pendampingan guru dalam merancang dan melakukan penelitian terkait evaluasi media pembelajaran. Hasil evaluasi pelatihan merepresentasikan level keberhasilan yang signifikan pada beberapa aspek, diantaranya pelaksanaan pelatihan (85,71%), manfaat kegiatan (88,10%), penyampaian materi oleh narasumber (91,67%), kesesuaian tema pelatihan (86,90%), dan keseluruhan pelaksanaan kegiatan pelatihan (88,10%). Hasil rata-rata persentase penilaian peserta pelatihan berada pada level 88,10%. Secara keseluruhan, pelatihan SPSS diharapkan dapat berdampak positif dalam meningkatkan kapasitas dan motivasi guru untuk penelitian kuantitatif. Dengan hasil pelatihan, diharapkan guru mampu mengintegrasikan hasil penelitian kuantitatif dalam proses pembelajaran di sekolah untuk mendukung penentuan penggunaan media pembelajaran yang efektif berdasarkan hasil evaluasi.
Unduhan
Referensi
Baron, F., Linberg, A., Dornheim, D., & Lehrl, S. (2025). Improving global and math-specific teacher–toddler interactions through an intervention for early childcare teachers: The role of activity settings. Early Childhood Research Quarterly, 70, 79–90. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2024.09.003
Fauth, B., Decristan, J., Decker, A., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education : The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86, 102882. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882
Harefa, D., & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 329–338.
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.
Irawan, M. D., Ikhwan, A., & Navea, R. F. (2024). Pembentukan Model Hirarki Tren Penelitian Berdasarkan Analisis Bibliometrik: Studi Kasus ANP Menggunakan Bibliometrix di R. Sistem Pendukung Keputusan dengan Aplikasi, 3(2), 100-113.
Irawan, M. D., Samsudin, S., Nasution, M. I. P., Zufria, I., Suendri, S., & Ikhwan, A. (2020). Pelatihan Mendeley sebagai Alat Penyusun Referensi Penulisan Karya Ilmiah Guru SMP Negeri 1 Medan. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 1(1), 64-72.
Jaekel, A. K., Fütterer, T., & Göllner, R. (2023). Teaching characteristics in distance education—associations with teaching quality and students’ learning experiences. Teaching and Teacher Education, 132, 104174.
Kowalczuk-Walędziak, M., & Ion, G. (2024). Understanding and improving teachers’ research engagement: Insights from success stories in Poland and Spain. Teaching and Teacher Education, 151, 104747. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104747
Madi, M., Hadiwidodo, Y. S., Tuswan, T., & Ismail, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Pelatihan AutoCAD Online untuk Pengabdian Masyarakat Terdampak Covid-19 dengan Metode Kirkpatrick Level I. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1065–1076. https://doi.org/10.30653/002.202054.689
Maulani, A. F., Astuti, A. F., Anggraeni, D., & Fajriah, E. L. (2023). Pentingnya Membangun Budaya Meneliti di Kalangan Guru. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(3), 291-300.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal basicedu, 6(3), 4663-4671.
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basic, 7(1), 603–611.
Rifki, M. I., Darta, A., Lubis, A. H., Hasibuan, M. S., Hasugian, A. H., & Ramadhan, Y. (2022). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Berbasis Web Tinkercad Sebagai Media Simulasi Mikrokontroler Pada SMK Taruna Tekno Nusantara. J. Pengabdi. Kpd. Masy, 28(3), 247-254.
Subekti, F. Y. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Persamaan Linear Satu Variabel Dengan Kinemaster Pro. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(1), 16–25. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3448
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Azizah Lubis, Juliana Sion Sihombing, Andilala Andilala, Safriana Safriana, Muhammad Bagas F, Salim Salim, Muhammad Arif Fadhillah Lubis, M Khalil Gibran

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.