Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI untuk Menyongsong Tantangan Pendidikan Agama Islam yang Berkelanjutan

Penulis

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Derliana Marbun Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mahariah Mahariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/jibm.v4i2.1001

Kata Kunci:

Kurikulum, KKNI, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di FAI UMSU, FAI UISU, dan FITK UIN SU, dengan fokus pada mekanisme perubahan kurikulum, model pengembangan dan penyusunan kurikulum, serta penerapan kurikulum berbasis KKNI. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD), kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi penerapan: di PAI FAI UISU, implementasi kurikulum masih terbatas karena kurangnya koordinasi yang efektif antara pimpinan fakultas, pimpinan program studi, dan dosen, sehingga hanya sebagian kecil dosen yang menerapkan KKNI; di PAI FAI UMSU, semua dosen telah menerapkan KKNI dengan dukungan dari kepemimpinan yang tegas, tim monitoring dan evaluasi (MONEV), serta fasilitas yang memadai; sementara di PAI FITK UIN SU, kurangnya kebijakan yang tegas dan fasilitas pendukung menyebabkan implementasi kurikulum oleh dosen tidak merata.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, A. (2014). Kurikulum Berbasis Kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KBK-KKNI) (Model Rekonstruksi Madin). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.1.1-16

Anisah, S. (2023). Implementation of Tiwana Method in a Knowldedge Management System Prototype. Journal of Information Systems and Technology Research, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.55537/jistr.v2i1.606

Handayani, S., & Alhakim, L. (2020). KESESUAIAN INSTRUMEN PERKULIAHAN INTENSIVE READING TERHADAP KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA. RESEARCH FAIR UNISRI, 4(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3387

Hasan, A. Z., Aromatica, D., & Koeswara, H. (2022). PENGEMBANGAN KAPASITAS PADA BADAN USAHA MILIK DESA LEMBENGAN SEJAHTERA KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1157–1180. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2523

Ikhwan, A., & Aslami, N. (2020). Implementasi Data Mining untuk Manajemen Bantuan Sosial Menggunakan Algoritma K-Means. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 4(2). http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/2103

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1). https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9652

Irawan, M. D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Matakuliah Pilihan pada Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Jurnal Media Infotama, 13(1), 27–35. https://doi.org/10.37676/jmi.v13i1.435

Laudra, D. C., Pauziah, F., Siburian, N. U., Sibarani, G., Manalu, S. B., & Ivanna, J. (2021). Mengenal dan Melestarikan Budaya Melayu Deli di Kota Medan Sumatera Utara. Jotika Journal in Education, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.56445/jje.v1i1.13

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Oci, M., & Stevanus, K. (2021). Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 3(1). https://doi.org/10.37364/jireh.v3i1.57

Shah, A. P., Cleland, J., Hawick, L., Walker, K. A., & Walker, K. G. (2023). Integrating simulation into surgical training: a qualitative case study of a national programme. Advances in Simulation, 8(1). https://doi.org/10.1186/s41077-023-00259-y

Sibarani, B. E. (2022). Analisis Pengaruh Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan). Jurnal Education For All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 10(1). https://doi.org/10.24114/jefa.v10i1.14443

Yudha, S. (2023). Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Buku Ajar Kimia Pangan Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Entalpi Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.24036/epk.v4i3.326

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Neliwati, N., Marbun, D. ., & Mahariah, M. (2024). Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI untuk Menyongsong Tantangan Pendidikan Agama Islam yang Berkelanjutan. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.55537/jibm.v4i2.1001

Terbitan

Bagian

Artikel