Peningkatan Kesadaran dan Pemahaman Pencegahan Bullying melalui Program Edukasi 'Stop Bullying' di MTs Alwasliyah Sei Kepayang Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v4i2.1014Kata Kunci:
Pendidikan, Bullying, Sosialisasi, Lingkungan SekolahAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terkait pencegahan bullying di MTs Alwasliyah Sei Kepayang Tengah melalui program sosialisasi "Stop Bullying". Dengan pendekatan edukasi, kegiatan ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua untuk memahami jenis-jenis bullying, dampaknya, dan strategi pencegahan yang dapat diterapkan. Program ini dirancang menggunakan metode partisipatoris. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta, di mana pengetahuan tentang bullying meningkat dari 35% menjadi 88%. Guru juga menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mendeteksi dan menangani kasus bullying. Selain itu, program ini berhasil membentuk Tim Anti-Bullying sebagai upaya berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. Kesimpulannya, pendekatan kolaboratif berbasis edukasi ini efektif dalam mencegah bullying dan dapat menjadi model bagi sekolah lain.
Unduhan
Referensi
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs.
Bronfenbrenner, U. (1979). Contexts of Child Rearing: Problems and Prospects. American Psychologist, 34(10), 844.
Cornu, C., Abduvahobov, P., Laoufi, R., Liu, Y., & Séguy, S. (2023). An Introduction to a Whole-Education Approach to School Bullying: Recommendations from UNESCO Scientific Committee on School Violence and Bullying Including Cyberbullying. International Journal of Bullying Prevention, 5(4), 317–318.
Espelage, D. L., Low, S., Van Ryzin, M. J., & Polanin, J. R. (2015). Clinical Trial of Second Step Middle School Program: Impact on Bullying, Cyberbullying, Homophobic Teasing, and Sexual Harassment Perpetration. School Psychology Review, 44(4), 464–479.
Maulana, H. F., Sa’ban, L. M. A., Tsalatsa, D., & Fadhila, N. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying di Sekolah Menegah Atas Lasalimu Sekatan Kabupaten Buton. Termasyhur: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–85.
Mustofiyah, L., Noviasari, A., Wahyuningsih, D., Nugrahini, E. H., & Widyasari, C. (2024). Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Di SD: Studi Literature Review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 827–842.
Olweus, D. (2010). Bullying in Schools: Facts and Intervention. Kriminalistik, 64(6), 351–361.
Pratama, D. (2021). Gerakan Desa Sadar Wisata Pengabdian Pada Masyarakat Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah. AL QUWWAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–77.
Purwana, R., Mariana, M., Asrul, A., Syaftriani, A. M., & Kaban, A. R. (2021). Penerapan Metode Role Play dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Mendorong Aktivitas Kreatif Siswa di SMK an Naas Binjai Tahun 2021. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(4), 71–80.
Rahmawati, W. (2021). Pengalaman Terjadinya Bulling yang Berdampak pada Kesehatan Mental.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.
Shinta, W. C. (2023). Analisis Pentingnya Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 82–89.
Yendra, N., Hutapea, F. N. A., Adha, R., Armanda, A., & Hanip, H. (2024). Seminar Edukasi dan Pencegahan Bullying di SDN 1 Pasir Tangkil oleh Mahasiswa KKM Universitas Bina Bangsa. Prosiding Seminar Umum Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 556–563.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Elfira Rahmadani, Nova Eliza Silaen, Umi Kalsum, Dilli Arlina, Maulidannisa Maulidannisa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.