Active Presenter: Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran

Penulis

  • Ali Ikhwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adnan Buyung Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mohammad Badri Ali Institute of Research and Publication

DOI:

https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.152

Kata Kunci:

Video, Materi Pembelajaran, Active Presenter, CBPAR

Abstrak

Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan manusia di penjuru dunia ini secara drastis. Kegiatan belajar mengajar, termasuk di bidang pendidikan, harus menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Walaupun sudah menggunakan pembelajaran secara hybrid, tetapi guru juga harus menyampaikan materi secara online. Guru sekolah dasar di Yayasan Perguruan Amaliyah Sunggal percaya bahwa untuk menyampaikan media pembelajaran yang menarik kepada para siswa, mereka harus mampu menghasilkan video materi pembelajaran yang baik. Para guru dapat menggunakan aplikasi Active Presenter untuk membuat video penjelasan materi pembelajaran untuk siswa-siswanya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu guru-guru SD Yayasan Perguruan Amaliyah Sunggal meningkatkan kemampuannya dalam membuat video penjelasan materi pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk siswa. Selain itu, diharapkan siswa dapat lebih mengerti dan paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru mereka lewat video materi pembelajaran tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Nomor Mei). Tahta Media Group.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. Kemendikbud, 1–12.

Putri, R. A. (2021). Application Of Powtoon Animation As A Learning Media Using The Community Based Participatory Action Research (CBPAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, 1(1), 16–22.

Rahmaini, & Novita, N. (2016). Pemanfaatan Active Presenter Sebagai Teknologi Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 4(2), 1–23.

Sunarti, S. (2020). Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Video Melalui Active Presenter. Jurnal Perspektif, 13(1), 16–23.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-27

Cara Mengutip

Ikhwan, A., Nasution, A. B., & Badri, M. (2022). Active Presenter: Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran . Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(3), 118–124. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.152

Terbitan

Bagian

Articles