Active Presenter: Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.152Kata Kunci:
Video, Materi Pembelajaran, Active Presenter, CBPARAbstrak
Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan manusia di penjuru dunia ini secara drastis. Kegiatan belajar mengajar, termasuk di bidang pendidikan, harus menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Walaupun sudah menggunakan pembelajaran secara hybrid, tetapi guru juga harus menyampaikan materi secara online. Guru sekolah dasar di Yayasan Perguruan Amaliyah Sunggal percaya bahwa untuk menyampaikan media pembelajaran yang menarik kepada para siswa, mereka harus mampu menghasilkan video materi pembelajaran yang baik. Para guru dapat menggunakan aplikasi Active Presenter untuk membuat video penjelasan materi pembelajaran untuk siswa-siswanya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu guru-guru SD Yayasan Perguruan Amaliyah Sunggal meningkatkan kemampuannya dalam membuat video penjelasan materi pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk siswa. Selain itu, diharapkan siswa dapat lebih mengerti dan paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru mereka lewat video materi pembelajaran tersebut.
Unduhan
Referensi
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Nomor Mei). Tahta Media Group.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. Kemendikbud, 1–12.
Putri, R. A. (2021). Application Of Powtoon Animation As A Learning Media Using The Community Based Participatory Action Research (CBPAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, 1(1), 16–22.
Rahmaini, & Novita, N. (2016). Pemanfaatan Active Presenter Sebagai Teknologi Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 4(2), 1–23.
Sunarti, S. (2020). Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Video Melalui Active Presenter. Jurnal Perspektif, 13(1), 16–23.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ali Ikhwan, Adnan Buyung Nasution, Mohammad Badri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Aninda Muliani, Triase Triase, Adnan Buyung Nasution, Samsudin Samsudin, Suendri Suendri, Meningkatkan Kemampuan Desain Iklan Produk bagi Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) Medan Menggunakan Aplikasi Berbasis Android , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat: Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Santi Ariani Rambe, Sahril Azmi Nasution, Widya Ayu Safitri, Yulia Fatma Harahap, Ali Ikhwan, Pemanfaatan Media Teknologi Untuk Meningkatkan UMKM di Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat: Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Ali Ikhwan, Raflikha Aliana A. Raof, Muhammad Dedi Irawan, Adam Syahputra, Implementasi Algoritma Moora Dalam Rekomendasi Pemilihan Imam , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat: Vol 2 No 3 (2023): April 2023