Pelatihan Pembuatan Animasi menggunakan Microsoft Power Point Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR)
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.162Kata Kunci:
Animasi, Media Pembelajaran, Powerpoint, CBPARAbstrak
Pandemi COVID-19 membawa perubahan pada metode pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, termasuk di SD Yayasan Perguruan Amaliyah Sunggal. Kegiatan belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Hal ini tentunya menuntut kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital bagi siswa. Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru membuat animasi menggunakan Microsoft Power Point sebagai media pembelajaran bagi murid.
Unduhan
Referensi
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.
Astuti, I. A. D., Dewati, M., Yona Okyranida, I., & Asep Sumarni, R. (2020). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.191
Burns, J. C., Cooke, D. Y., & Schweidler, C. (2011). A Short Guide to Community Based Participatory Action Research. A Community Research Lab Guide, (December 2011).
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349
Isti, L. A., Agustiningsih, & Wardoyo, A. W. (2020). Pengembangan Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 21–28. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Meredith Minkler, Analilia P. Garcia, Victor Rubin, & Nina Wallerstein. (2012). Community-Based Participatory Research: A Strategy for Building Healthy Communities and Promoting Health through Policy. 60. Retrieved from http://www.policylink.org/sites/default/files/CBPR.pdf
Miftah, M. (2013). Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(9), 1689–1699.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.
Permata, E., M, Y. R. D., Irwanto, & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 413–420. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5265
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Putri, R. A. (2021). Application of Powtoon Animation as a Learning Media Using the Community Based Participatory Action Research (CBPAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(1), 16–22. Retrieved from https://journal.aira.or.id/index.php/j-ibm/article/view/2
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Raissa Amanda Putri, Triase Triase, Aninda Muliani, Mega Andriani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Raissa Amanda Putri, Salsalina Br Sembiring, Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Fitria Tilawatil Aulia Simarmata, Dwi Himala Kasih, Anisa Yasmin, Batara Wardana Yuswar, Raissa Amanda Putri, Workshop Desain Grafis Guna Meningkatkan Kemampuan Dan Kreativitas Remaja Masjid Nurul Huda Menggunakan Photoshop , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
- Raissa Amanda Putri, Pelatihan Pembuatan Animasi dengan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Aninda Muliani, Triase Triase, Adnan Buyung Nasution, Samsudin Samsudin, Suendri Suendri, Meningkatkan Kemampuan Desain Iklan Produk bagi Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) Medan Menggunakan Aplikasi Berbasis Android , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Raissa Amanda Putri, Andini Nur Bahri, Franindya Purwaningtyas, Ulfayani Mayasari, Laylan Syafina, Pelatihan Komputer Dasar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 2 No 3 (2023): April 2023