Pengelolaan Desa Pematang Johar Menjadi Kawasan Wisata Pilihan Wisatawan
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v2i1.205Kata Kunci:
Kawasan Wisata, Wisatawan, Bentuk pengelolaan,Abstrak
Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan juga masukan kepada masyarakat Pematang Johar dalam mengelola kawasan Wisata Pematang Johar menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dengan adanya keterlibatan perangkat desa dan juga masyarakat dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam membuat kawasan wisata Pematang Johar menjadi tempat disukai bukan hanya dari segi pemandangan saja, tetapi juga dari segi keramahtamahan masyarakat setempat. Keberhasilan kegiatan pengabdian ini dapat diukur dengan menyampaikan beberapa materi, berbagi pengalaman dan juga memberikan berbagai contoh bentuk pengelolaan yang baik.
Keywords : Kawasan Wisata, Wisatawan, Bentuk pengelolaan
Unduhan
Referensi
Bambang Kusbanrdrijo, E. (2018). Pengelolaan Kawasan Wisata Terintegrasi Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 50–61.
Bhatari, L. P. (2020). Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kertanegara. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 46–54.
Marjulita, A. (2019). Pengelolaan Objek Wisata Aceh Jaya: Harapan Dan Kenyataan Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 85–93.
Marlina, E. (2019). Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Guna Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Cikupa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Jurnal Moderat, 5(1), 153–165.
Meyers, K. (2009). Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata (Revisi). Jakarta: Unesco Office.
Muamar, Afif, Mabruri, A. (2018). Pengelolaan Kawasan Wisata dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Perspektif Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jurnal Penelitian Hukum dan Ekonomi Islam, 3(1), 117–133.
Nurdin, W. Y. (2018). Strategi Peningkatan Kualitas Pengelolaan Kawasan Wisata Pantai Amal Kota Tarakan Sebagai Daya Tarik Ekowisata. Jurnal Ekonomika, 9(2), 61–74.
Nurul, Ulfa, K. (2019). Strategi Pengelolaan Wisata Pantai Berbasis Kesesuaian Dan Daya Dukung Di Kampung Penyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Journal of Indonesian Tropical Fisheries, 2(2), 136–147.
Silviana, Widya, A. M. (2020). Pengelolaan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Pada Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Jurnal Administrasi Publik, 3(3), 48–57.
Wayan, Darsana, Sendra, A. (2017). Model Pengelolaan Wisata Bahari Berkelanjutan Di Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(1), 10–16.
Willy Try, E. (2021). Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid-19 (Studi di Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo, Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik, 5(1), 38–52.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Irvan Rolyesh Situmorang, Selamat Selamat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Irvan Rolyesh Situmorang, Frenky Situmorang, Penerapan Absensi Berbasis Sistem Digitalisasi di PT. Abdi Budi Mulia , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat: Vol 2 No 2 (2022): Desember 2022
- Frenky Situmorang, Irvan Rolyesh Situmorang, Edukasi Pengeluaran Fisik Persediaan Pupuk Secara Sistem FIFO di PT Kalimantan Hamparan Sawit , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat: Vol 3 No 2 (2023): Desember 2023