Literasi Digital untuk Siswa MIN 5 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v3i2.729Kata Kunci:
Literasi, Digital, MIN, Ibtidaiyah, Kota PadangAbstrak
Literasi digital menjadi penting di era teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Siswa-siswa MIN 5 Kota Padang perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan literasi digital agar dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh dunia digital.Tujuan dari pegabdian masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan digital pada siswa MIN 5 Kota Padang.Metode yang digunakan adalah wawancara dan observasi terhadap siswa di MIN 5 kota Padang dan pendekatan partisipatif yang melibatkan guru dan siswa. Dalam men kan literasi digital, guru berperan sebagai fasilitator, memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa. Mereka menggunakan pendekatan interaktif dan menggabungkan konten teoretis dengan studi kasus dunia nyata. literasi digital di MIN 5 Kota Padang membantu siswa dalam memahami pentingnya menjaga privasi dan keamanan dalam berinternet, mengidentifikasi informasi yang valid dan berkualitas, serta mengembangkan kreativitas dan kolaborasi melalui media digital. Melalui ini, siswa-siswa MIN 5 Kota Padang diharapkan dapat menjadi pengguna digital yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab. Singkatnya, literasi digital di MIN 5 kota Padang merupakan langkah penting bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat digital. Melalui upaya ini, kami berharap dapat memberdayakan siswa untuk menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab, serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dan peluang era digital yang terus berkembang.
Unduhan
Referensi
Apriyanti Wiwi , Erni , Muchlas Syahlanisyiam, Yolanda Anggraini , Sahrul Gunawan , Rinawang Tyas Arinanto, Rahnat Adnan Fauzan , Nuryanti Tuto Suban , Asmat , and Affandi Agung L. (2022). Sosialisasi Penggunaan Internet Yang Sehat Bagi Anak – Anak Di Yayasan Domyadhu. Abdi Jurnal Publikasi ISSN : 2963-3486 Vol. 1(1).13-17. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index.
Fraillon, J., et al. (2019). "ICILS 2018 International Computer and Information Literacy Study: Main Findings and Implications." Springer.
Hobbs, R. (2018). "Discovering Media Literacy: Digital Media and Popular Culture in Elementary School." Corwin Press.
Jenkins, H., et al. (2016). "By Any Media Necessary: The New Youth Activism." NYU Press.
Kusyadi Irphan , Novri Ronald Fieterd , Yugo Aji Pamungkas, Ahmad Wahyu Awaludin , Fadillah Ahmad , Mamat Ismail , and Ivan Topani. (2023). Gerakan Literasi Digital Perkembangan Media Sosial Untuk SDIT Madinatul Ilmu Cisoka. Abdi Jurnal Publikasi ISSN : 2963-3486 Vol. 1(4), 409-412.
Livingstone, S. (2019). "Media Literacy: A Critical Introduction." Sage Publications.
Maruti, E. S., et al. (2021). Program Literasi Digital bagi Anak-Anak Kampung Wonopuro dengan Aplikasi Let's Read. Santoso, B., et al. (2023). Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(2), 123-135.
Mukhlishina Innany & Murtyas Galuh Danawati. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 8 Malang. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 7 (1), 63-77. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7029.
Ribble, M. (2015). "Digital Citizenship in Schools: Nine Elements All Students Should Know." International Society for Technology in Education (ISTE).
Setyawan Deddy, Ratnawan Lukito, Muhamad Wildan Sirojudin. (2022). Pendidikan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung. pp. 139-144.
Sri Endang Maruti, Binti isticomah, Galuh Mei Yustiwa, Ulifa KHoru & Nur Huda. (2021). Program Literasi bagi Anak-anak Kampung Wonopuro, Dusun Sidowayah, Kabupaten Ponorogo.VOl.2(2). 91-97. Indonesian Journal of Community Research and Engagemnet. DOI: https://doi.org/10.37680/amalee.v2i2.861.
Susanto, A., et al. (2022). Analisis Efektivitas Program Sosialisasi Literasi Digital di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 45-56.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurmaliana Pohan; Rasmita; Harlan Kurnia AR

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.