Workshop Desain Grafis Guna Meningkatkan Kemampuan Dan Kreativitas Remaja Masjid Nurul Huda Menggunakan Photoshop
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.9Kata Kunci:
Desain Grafis, Workshop, Photoshop, PARAbstrak
Pada era globalisasi yang teknologi semakin canggih, desain merupakan hal yang penting dipelajari dan diketahui oleh para remaja. Dengan mempelajari desain grafis mampu menumbuhkan kreativitas sehingga pola pikir menjadi lebih kreatif yang belum terpikirkan oleh orang lain serta bekal untuk peluang membuka usaha. Pada kegiatan pelatihan basic dasar desain grafis menggunakan aplikasi Adobe Photoshop karena mudah digunakan serta fitur yang diberikan sudah lengkap serta unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait desain grafis serta mengetahui sejauh mana para remaja berkreativitas menggunakan Adobe Photoshop. Pada penelitian ini menggunakan metode PAR karena dengan metode PAR masalah yang dihadapi dapat diteliti sehingga menghasilkan sebuah penyelesaian serta evaluasi yang akan didapat. Diharapkan dari kegiatan ini mampu memberikan semangat para remaja untuk berkreativitas dan mencoba menambah uang saku melalui membuat desain sehingga berguna bagi mereka di kemudian hari.
Unduhan
Referensi
Azhari, W., Rifa’i, F. Y. A., Purwanto, & Pudail, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Desain Grafis di Balai Latihan Kerja Komunitas Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. LOGISTA: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 487–493.
Budiarto, S. P. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 308–314.
Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 155–167.
Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098
Lubis, A. A., & Irawan, M. D. (2021). Optimizing the Use of Word Processing Software for Students of Madrasah Aliyah Al-Washliyah Medan. J-IbM: Jurnal IPTEK bagi Masyarakat. 1(1), 8–15.
Murdiati, Ferawaty, & Hita. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Sma Husni Thamrin. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 96–100.
Musmuliadi, & Purmadi, A. (2018). Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 20–28.
Sakti, H. gunawan. (2017). Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Realita, 2(2), 325–344.
Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4555
Z, A., Sari, F. M., & Prihati. (2021). Pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 356–364. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5351.
Ziveria, M., Sefina Samosir, R., & Rusli, M. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Februari 2020 Pelatihan, 1(1), 1–11.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Fitria Tilawatil Aulia Simarmata, Dwi Himala Kasih, Anisa Yasmin, Batara Wardana Yuswar, Raissa Amanda Putri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Raissa Amanda Putri, Salsalina Br Sembiring, Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Raissa Amanda Putri, Pelatihan Pembuatan Animasi dengan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 1 (2021): Agustus 2021
- Raissa Amanda Putri, Triase Triase, Aninda Muliani, Mega Andriani, Pelatihan Pembuatan Animasi menggunakan Microsoft Power Point Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 1 No 3 (2022): April 2022
- Raissa Amanda Putri, Andini Nur Bahri, Franindya Purwaningtyas, Ulfayani Mayasari, Laylan Syafina, Pelatihan Komputer Dasar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR) , Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM): Vol 2 No 3 (2023): April 2023