Analisis Business Model Canvas pada Usaha Mikro Kecil
Studi Kasus Galery Bungong Aceh di Gampong Dayah Daboh-Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.55537/jibm.v4i2.984Kata Kunci:
Kewirausahaan, UMKM, Business Model Canvas, Galery Bungong AcehAbstrak
Galery Bungong Aceh adalah tempat bagi kelompok pengrajin di Gampong Dayah Daboh untuk menjual produk souvenir, sejak tahun 1991 kerajinan bordir khas Aceh mulai berkembang di Kecamatan Montasik. Galery Bungong Aceh menawarkan berbagai souvenir seperti tas, selempang, koper, dompet, mukena khas Aceh dan banyak lain, semua desain dengan motif khas Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai permasalahan yang ada di Galery Bungong Aceh serta menerapkan Business Model Canvas untuk menemukan strategi atau perubahan yang dapat dilakukan guna mengatasi kurangnya optimalisasi bisnis, terutama karena bisnis ini hanya dibuka secara offline, sehingga pelanggan harus datang langsung ke galeri. Peneliti menggunakan Business Model Canvas sebagai panduan untuk memberikan saran dan masukan bagi galery Bungong Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan observasi langsung, serta diskusi. Penelitian ini bersifat kualitatif. Hasil analisis Business Model Canvas menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang tepat untuk Galery Bungong Aceh adalah memanfaatkan tenologi secara optimal, seperti menambahkan opsi pembayaran e-money dan menggunakan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan konsumen.
Unduhan
Referensi
Anter, R. E., Jan, A. B. H., & Pondaag, J. J. (2022). Analisis Business Model Canvas Pada Ud. Perdana Motor. 144–153.
Anwar, R. R. (2021). Peran Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar Dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat ( Studi Pada Kelompok Usaha Kerajinan Rotan Di Gampong Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar).
Aprillia, N. M., Ramadhan, T., & Ramdhan, H. (2023). Pendekatan Lean Startup untuk Inovasi dalam Model Bisnis Ramah Lingkungan dan Kewirausahaan Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 88–93. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i2.1027
Awa, A., Palahudin, P., Sya’diah, C. Z. N., & Fauziah, N. R. (2024). Keberhasilan Usaha Berdasarkan Digital Marketing, Kreativitas, dan Inovasi pada UMKM Konveksi di Kabupaten Bogor. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10237
Darmansah, T., Nur, A. M., Suryadi, H. S., & Nurarfiansyah, L. T. (2024). Tantangan Dan Solusi Dalam Pengelolaan Arsip Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(1), Article 1.
Dilla, A., & Mandataris, M. (2024). Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Ud. Zul Brother Usaha Olahan Ikan Patin di Kecamatan Kampar. eCo-Buss, 7(1), 283–303. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1518
Distira, I. M. J., Indiani, N. L., & Paramitha, I. G. A. P. (2024). Integrasi Business Model Canvas Dengan Balanced Scorecard Pada Usaha Green Food Di Marketplace Dalam Mendukung Green Economy. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(5), Article 5.
Djuwendah, E., & Mujaddid, A. (2019). Pengembangan Strategi Bisnis Dodol Garut Menggunakan Kanvas Model Bisnis (Studi Kasus Pada Pd Katineung Kabupaten Garut). 7.
Effendi, L. H., M. Nur, S., & Ariati, R. (2024). Konsep Perusahaan Project Management Consultant Dalam Bidang Energi Baru Dan Terbarukan Berbasis Business Model Canvas. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (Jinteks), 6(2), 153–160. https://doi.org/10.51401/jinteks.v6i2.4003
Ekowati, S., Mimi Kurnia Nengsih, Herfianti, M., & Galy Njoman Ari Pribowo, M. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce Marketplace Pada Asosiasi Umkm Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 914–919. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.659
Febrianto, M. F. R. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Program Kredit Usaha Rakyat (Kur) Di Kecamatan Talang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. 1–13.
Fitriana, Nurbaiti, & Rahmah, S. (2021). Daya Tarik Konsumen Terhadap Tenun Songket Aceh Jasmani Di Aceh Besar. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/viewFile/44666/16672
Hakim, A., Adwi, A., Muliyadi, D. Z., & Fauzih, F. (2024). Pendampingan Bisnis Model Canvas Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Efisiensi Operasional Bengkel Motor Bintang Motor Saranani Di Kota Kendari. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9008–9015. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35017
Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya. JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.2969
Humaira, M. (2022). Kebangkitan Usaha Sovenir Khas Aceh Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar (Studi Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27261/1/Muhayibatun%20Humaira,%20180404043,%20FDK,%20PMI,%20082286770844.pdf
Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Kontribusi Sektor UMKM terhadap Pendapatan Nasional di Indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62710/a45xg233
K.M. Faisal Reza & Ka. Noviansyah. (2024). Strategi Bisnis Startup Melalui Business Model Canvas: Studi Kasus Gojek Dan Airbnb. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(5), 1727–1738. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v3i5.7423
Mansur, U. (2024). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Ringan melalui Optimalisasi Bisnis Model Canvas. JUDICIOUS, 5(1), 111–119. https://doi.org/10.37010/jdc.v5i1.1651
Mariana, C. D., Chan, K., & Yusuf, D. (2021). Perumusan Strategi Business Model Canvas Untuk Pengembangan Usaha Industri Fotografi: Studi Kasus Exstudio, Pekanbaru. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(1), 70–76. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v3i1.272
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Perdana, M. A. C., Sulistyowati, N. W., Ninasari, A., Jainudin, & Mokodenseho, S. (2023). Analisis Pengaruh Pembiayaan, Skala Usaha, dan Ketersediaan Sumber Daya Manusia terhadap Profitabilitas UMKM. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(03), 135–148. https://doi.org/10.58812/sek.v1i03.120
Permana, S. E., Dikananda, A. R., & Wahyudin, E. (2021). Pelatihan Marketing Digital di Masa Pandemi Pada UMKM Kota Cirebon. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1.
Rahadi, D. R. (2022). Pemanfaat Jejaring Sosial Dalam Mendukung Keunggulan Bersaing (Studi Ukm Di Kota Palembang). https://www.binadarma.ac.id
Rubini, R. A., Hendrayati, H., Rahman, F. F., Sultan, M. A., & Surachman, E. (2024). Cross-Continental Exploration: Comparative Analysis of Three Diverse Business Models. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jimb.v15i2.74523
Sa’diah, A., Musfar, T. F., & Wildah, S. W. (2023). Rancangan Pengembangan Usaha Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT Analysis pada Percetakan Kemasan CV. Berkah Andalas Pekanbaru. Jurnal Manajemen Bisnis Modern, 5(4), Article 4. https://journalpedia.com/1/index.php/jmbm/article/view/239
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Sofyan, S. (2017). Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. 11(1).
Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2014). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1220
Solihin, R., & Yuneline, M. H. (2023). Pembuatan Rencana Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Pertanian Yang Terdampak Pandemi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 92–106. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11801
Supriyanto, A., Permatasari, R., Hygi Prihastuti, A., Saputra, T., & Bora, M. (2023). Kesuksesan Muslimah Pelaku UMKM: Peran Dimensi Entrepreneurial Orientation. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 10, 267. https://doi.org/10.21043/bisnis.v10i2.17740
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i3.832
Wardhana, M. (2017). Skema Alternatif Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Bagi Pelaku Umkm Dengan Peran Pemerintah Daerah Sebagai Avalis. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/jigj.v5i1.151
Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33319/jeko.v9i2.62
Wibowo, K., & Pradopo, L. R. (2021). Penerapan Model Bisnis pada Waskita Beton Precast Tbk. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 32–46. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.428
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Isni Radifa Ramli, Aziz Muslim, Muhammad Furqan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.