Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Metode MABAC

Penulis

  • Adi Widarma Universitas Negeri Medan
  • Naila Umniati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurkosrina Aisah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/spk.v2i2.637

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Produk, MABAC

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan penjualan produk dengan mengetahui jenis strategi pemasaran yang paling tepat. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data meliputi wawancara dengan salah satu pekerja Alfamidi Tuntungan. Kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam sistem untuk dihitung menggunakan metode MABAC. Metode MABAC untuk membandingkan pendekatan batas multi-atribut merupakan metode pendukung keputusan dengan jenis keputusan pilihan ganda. Metode ini dipilih karena menjamin stabilitas, konsistensi solusi, dan keandalan untuk mengambil keputusan yang tepat. Kemudian data tersebut disimpan dalam database untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan proses membangun strategi pemasaran melalui perhitungan dan usulan dua strategi pemasaran yang efektif. Lebih tepatnya, Account Based Marketing (ABM) dan Influencer memiliki nilai yang sama, yaitu 1,6788. Strategi ketiga adalah pemanfaatan jejaring sosial dengan nilai 1,6413. Sementara itu, dua strategi yang dianggap paling tidak efektif adalah remarketing dengan nilai 1,1976 dan pembakaran uang dengan nilai 1,2289

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. Laras, E. E. Ramadani, and I. A. Astawulan, “Strategi Promosi Dan Komunikasi Produk Alfamart Untuk Meningkatkan Minat Belanja Konsumen Di Alfamart Boyolangu,” 2021.

F. R. Lupi and Nurdin, “Analisis strategi pemasaran dan penjualan,” J. Elektron. Sist. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 20–31, 2016.

V. Nomor, A. Minarti, and A. F. R. Wulandari, “TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi pada Alfamidi Kemakmuran Watansoppeng ) Keywords : Purchasing Decisions , Pricing , Location , Promotion .,” vol. 4, no. April, pp. 58–65, 2021.

L. Indrasari, “Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri),” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, p. 47, 2017, doi: 10.30737/jatiunik.v1i1.71.

F. Rizal, “Efek Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen,” Nobel Manag. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 227–235, 2022, doi: 10.37476/nmar.v3i2.2934.

A. Y. B. Heriyanto, “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Dan Indomaret,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, p. 74, 2020, doi: 10.35448/jmb.v13i1.7297.

T. Keputusan, P. Pada, P. T. Indomaret, and M. Unit, “ANALISIS PENGARUH HARGA , PROMOSI , LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN SEA ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF PRICE , PROMOTION , LOCATION AND SERVICES QUALITY ON PURCHASE DECISIONS IN PT . INDOMARET MANADO UNIT JALAN SEA,” vol. 6, no. 4, pp. 3068–3077, 2018.

A. N. Lubis, “Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis,” Persepsi Masy. Terhadap Perawatan Ortod. Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Prof., pp. 1–14, 2004, [Online]. Available: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejourn al%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.po wtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.o rg/10.1

E. Norman, Z. Hiskandar, and E. Evinovita, “Kepuasan Pelanggan Dalam

Berbelanja di Alfamidi Pagelaran Bogor,” El-Mujtama J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 85–104, 2021, doi: 10.47467/elmujtama.v1i2.413.

J. A. F. Kalangi and J. J. Rogahang, “Strategi Pemasaran Bisnis Ritel Alfamart Desa Pontak Kecamatan Ranoyapo,” vol. 2, no. 5, pp. 408–412, 2021.

M. V. A. Karinda, L. Mananeke, F. Roring, J. Manajemen, U. Sam, and R. Manado, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt.Telkom Area Tomohon,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 1568–1577, 2018.

G. L. Mokoagow, J. A. . Kalangi, and L. F. Tamengkel, “Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk,” J. Adm. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 9–14, 2018.

N. T. Hariyanti and A. Wirapraja, “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur),” J. Eksek., vol. 15, no. 1, pp. 133–146, 2018.

M. Z. Arifin and P. Azhari, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Palangka Raya,” J. Al-Qardh, vol. 2, no. 2, pp. 116–123, 2018, doi: 10.23971/jaq.v2i2.832.

F. Dewi, L. Rahayu, and U. Safitri, “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada CV. XP Computer, Boyolali),” EKOBIS J. Ilmu Manaj. dan Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 14–24, 2020, doi: 10.36596/ekobis.v8i1.262.

M. El Fikri, “Analisis Citra Merek, Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunlight Oleh Konsumen Rumah Tangga Di Kota Medan (Studi Kasus Di Kecamatan Medan Polonia),” J. Manaj. Tools, vol. 10, no. 2, pp. 109–124, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

J. R. E. Tampi, “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli pada Alfamidi R

. E Martadinata Branch Manado,” vol. 3, no. 6, pp. 542–546, 2022.

Jumiati, “Pengaruh Kualitas Produk dan Labelisasi Harga Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus di Alfa Midi Bau Massepe Parepare),” 2017.

I. Setiawati, “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm,” Strateg. Komun. Pemasar., no. 20, pp. 1–5, 2017, [Online]. Available: file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

F. Laila and N. A. Hasibuan, “Pemilihan Pengangkatan Karyawan Tetap Menerapkan Metode Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison,” vol. 1, no. 1, pp. 5–12, 2021, [Online]. Available: https://hostjournals.com/

C.- Handayani, A. M. Muhsidi, and N. I. Khomalia, “Metode Multi Attributive Border Approximation Area Comparison (MABAC) Untuk Penilaian Kinerja Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD),” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 2, pp. 303–309, 2021, doi: 10.36054/jict-ikmi.v20i2.377.

A. P. Simaremare, “Penerapan Metode MABAC Pada Penerimaan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3),” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan …, vol. 1, no. 3, pp. 209–220, 2021, [Online]. Available: http://djournals.com/resolusi/article/view/130

R. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Binaan Dengan Metode Mabac (Studi Kasus: Dinas Perindustrian Kota Medan),” Pelita Inform. Inf. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–128, 2020.

B. Nur Ihwa, N. Silalahi, and R. Kristianto Hondro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jaksa Terbaik dengan Menerapkan Metode MABAC (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Medan),” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 1, no. 4, pp. 225–230, 2020.

L. Johana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Kaca Dengan Menggunakan Metode Multi Attributive Border Approximation Area Comparison (MABAC) Pada UD.Delta Glass,” J. CyberTech, vol. x. No.x, no. x, 2020.

Diterbitkan

01-11-2023

Cara Mengutip

Widarma, A., Umniati, N., & Aisah, N. . (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Metode MABAC. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Aplikasi, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.55537/spk.v2i2.637

Terbitan

Bagian

Artikel