Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Barang Promosi Dan Diskon Menggunakan Metode MOORA

Penulis

  • Adnan Buyung Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Handayani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nazla Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Fahimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55537/spk.v2i2.639

Kata Kunci:

sistem pendukung keputusan, Metode MOORA, Promosi dan Diskon

Abstrak

Promosi memiliki peran penting dalam masyarakat karena pada waktu tertentu mereka bisa membeli barang kebutuhan pokok yang sedikit lebih murah dari harga aslinya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat menentukan barang-barang Indomaret apa saja yang dapat dijadikan barang promosi dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dimulai dengan  proses pengumpulan data, lalu perhitungan dengan metode moora, dan terakhir pengujian sistem hingga selesai. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara kepada salah satu pihak indomaret  dan setelah itu dihasilkan alternatif, kriteria dan bobot yang menjadi syarat perhitungan dari Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode Moora. Kemudian metode yang digunakan adalah Multi-Objective Optimization by Ratio Analisis (MOORA), yang mana akan memperoleh barang promosi yang sudah ditentukan oleh Alternatif, Kriteria, dan Bobot lalu diambil untuk menentukan barang promosi yaitu berdasarkan 25 Alternatif, 6 Kriteria, dan 5 Bobot dengan perankingan untuk pemilihan barang promosi dengan kriteria yang digunakan harga, expired/kadaluarsa, merk, jenis, kemasan dan stok barang. Sistem Pendukung Keputusan yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat menampilkan perankingan dan memilih satu set alternatif, menentukan solusi untuk masalah kriteria yang tidak sesuai serta dapat membantu mengambil keputusan agar mencapai keputusan akhir yang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Krisnanda Tiony, N. Hendrakusma Wardani, and T. Afirianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process-Simple Additive Weighting (AHP-SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8413–8422, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

K. Hasanah, “Promosi Katalog , Harga Dan Keputusan Pembelian Di Indomaret (Studi Kasus Pada Konsumen Indomaret Kota Madiun),” J. JIBEKA, vol. 9, no. 1, pp. 65–69, 2015.

C. A. S. Sari, “Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Customer-Based Retailer Equity (Studi Pada Pelanggan Mini-Market Indomaret Di Rawa Buaya …,” J. Ilmu Ekon. dan Sos., pp. 155–169, 2016, [Online]. Available: http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_514853436749.pdf

C. Lukita, C. Nas, and W. Ilham, “Analisis Perbandingan Metode MOORA dan Metode WASPAS Dalam Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Utama Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 130–137, 2020, doi: 10.25077/teknosi.v5i3.2019.130-137.

A. Y. B. Heriyanto, “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Dan Indomaret,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, p. 74, 2020, doi: 10.35448/jmb.v13i1.7297.

S. Proboningrum and Acihmah Sidauruk, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Kain Dengan Metode Moora,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 43–48, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.3073.

S. N. P. Rusliyawati, Damayanti, “Social Customer Relationship Management, Simple Additive Weighting, Strategi Bisnis,” J. Ilm. Edutic, vol. 7, no. 1, pp. 12–19, 2020.

R. D. Kurniawati and I. Ahmad, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 74–79, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. D. Wahyudi, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Staff Administrasi Menggunakan Metode Profile Matching,” J. Teknoinfo, vol. 10, no. 2, p. 44, 2016, doi: 10.33365/jti.v10i2.13.

R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 272, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.

L. Ariyanti, M. Najib, D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

F. Anggraeni, “Pengaruh Promosi, Diskon Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket Ptc Surabaya,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 5, no. 7, pp. 1–15, 2016.

R. Ayu and N. Putri, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menetukan Venue Event Terbaik Dengan Menggunakan Metode MOORA Pada CV .,” no. x, 2020.

F. M. U. Hasiani, T. Haryanti, R. Rinawati, and L. Kurniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Produk Ritel dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” Sistemasi, vol. 10, no. 1, p. 139, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i1.1125.

Y. Malau, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kategori Promosi Produk Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Minimarket),” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 339–346, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.672.

G. Lumbantoruan and E. R. B. Simarmata, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wali Kelas berdasarkan Prestasi Guru dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus SMK Brigjend Katamso Medan).,” Pelita Inform. Inf. dan Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2018.

D. M. El Faritsi, D. Saripurna, and I. Mariami, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tenaga Pengajar Menggunakan Metode MOORA,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 4, p. 239, 2022, doi: 10.53513/jursi.v1i4.4948.

J. E. M, D. Andreswari, and K. Anggriani, “Pemilihan Jenis Kayu Untuk Mebel Dengan Metode Weighted Product ( Wp ) & Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution ( Topsis ),” J. Rekursif, vol. 4, no. 3, pp. 301–310, 2016.

J. T. Samudra and P. S. Ramadhan, “Sistem Pendukung Keputusan Mencari Pelaksana Program Kerja Terbaik Menggunakan Metode MOORA,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 21, no. 1, p. 10, 2022, doi: 10.53513/jis.v21i1.4765.

F. A. Anggreany, Y. Sholva, and H. S. Pratiwi, “Sistem Rekomendasi Layanan Harga Produk Terendah Berbasis Partisipasi Masyarakat,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.32943.

Muh. Miftakhun Nizar, R. Alit, and F. Prima Aditiawan, “Implementasi Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartwatch Terbaik,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 34–42, 2021, doi: 10.33005/jifosi.v2i1.269.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan: 2015.

T. Hasanah, I. Parlina, and H. J. S. Sitio, “Decision Support System For Selection Of Majors At The Yayasan Muhammad Nasir By Using The Method Of Moora,” J. Inf. Technol. Educ. Res., vol. 2, no. 2, pp. 127–131, 2019, doi: 10.31289/jite.v2i2.2161.

M. Afkhamiaghda and E. Elwakil, “Challenges review of decision making in post-disaster construction,” Int. J. Constr. Manag., vol. 0, no. 0, pp. 1–10, 2022, doi: 10.1080/15623599.2022.2061751.

M. Zeeshan, S. Nath, and D. Bhanja, “Determination of optimum winglet height of longitudinal vortex generators for the best thermo-hydraulic performance of compact heat exchangers,” J. Mech. Sci. Technol., vol. 33, Sep. 2019, doi: 10.1007/s12206-019-0849-1.

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Nasution, A. B. ., Handayani Nasution, F., Fitri, N. ., & Fahimah, N. . (2023). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Barang Promosi Dan Diskon Menggunakan Metode MOORA . Sistem Pendukung Keputusan Dengan Aplikasi, 2(2), 60–73. https://doi.org/10.55537/spk.v2i2.639

Terbitan

Bagian

Artikel